Kesalah Ejaan dalam Cerpen

Cerpen Atomiloto (Penulis, Budayawan, Redaktur)

Berjudul Aku Nggak Sengaja?!” yang telah dimuat di Solopos

“Kurang ajar! Kamu sengaja ya! Mau curi-curi kesempatan ya!”.

“Enak aja. Siapa yang mau curi-curi kesempatan?”.

“Buktinya kamu nyolek pantatku!”.

“Aku nggak nyolek. Aku mau ngambil buku itu tapi nggak sengaja kena pantatmu”.

“Alaaah alasan! Muka seperti kamu emang muka-muka mesum”.

“Hei, jangan sembarangan ya kalo ngomong!”.

“Emangnya kenapa, kamu mau pukul aku? Pukul kalo berani! Udah nyolek masih mau mukul uga?”.

“Dasar cerewet. Awas kamu…tak sobek-sobek mulutmu nanti!”.

“E…e…e… ada apa ini, kok ribut-ribut ?”, seorang satpam datang.

“Dia nyolek pantat saya, pak satpam”.

“Bohong pak! Saya nggak ada maksud, saya nggak sengaja”.

“Iya, tapi kan sama aja. Artinya tangan kamu sudah menyentuh pantatku! Sama aja kan?”.

“Lain dong! Saya kan nggak sengaja. Kalo disengaja, rasanya lebih nikmat. Kalo nggak disengaja, nggak kerasa apa-apa”, kata si pemuda

Tulisan tersebut mempunyai kata-kata tidak baku atau tidak memenuhi kaidah EYD.

Contoh kata-kata yang tidak memenuhi kaidah EYD dan kata-kata yang benar sebagai

berikut :

Emangnya menjadi Memangnya

Nyolek menjadi Colek

Kalo menjadi Kalau

Tak(bahasa jawa) menjadi Saya

Enggak menajdi Tidak

Aja menjadi Saja

Kerasa menjadi Terasa

Tuliasan tersebut tidak sesuai dengan kaidah EYD,jika di tulis secara benar sebagai berikut :

“hei, jgn sembarangan ya kalo ngomong, tak sobek2 mulutmu nanti !!”.

“emang nya knp, km mau pukul aku? Pukul kalo berani! Udah nyolek msh mau mukul jg?”.

“dsr cerewet. awas km… !”.

“e…e…e… ada apa ini, kok ribut2 ?”, seorg Satpam dtg.

Post by : Walentina Waluyanti

Posted by susilo - NOTsby |

0 komentar:

Posting Komentar